Peeling

prev next

Suatu proses perawatan dengan mengangkat  atau melakukan pengelupasan bagian kulit terluar sehingga lapisan kulit yang paling baru. Manfaat peeling antara lain:Memutihkan kulit wajah,mengangkat kulit mati, menghilangkan pigmentasi,menipiskan hiperpigmentasi atau flek hitam, meremajakan kulit dari dalam,mengurangi kerut dan mengencangkan kulit wajah,merangsang pembentukan kolagen, memulihkan  kesegaran, dan menipiskan kerutan-kerutan halus. Secara umum, ada dua metode peeling, yakni chemical peeling dan mechanical peeling. 

Chemical Peeling atau peeling kimia merupakan metode pengelupasan kulit dengan menggunakan cairan sebagai bahan dasar untuk mempercepat proses pengelupasan. Prosesnya menggunakan tingkatan sesuai masalah kulit yang diderita, dimana pada setiap  tingkatan menggunakan cairan kimia yang berbeda pula. 

Berikut ini macam-macam chemical peeling yang biasa dilakukan oleh dokter ahli :

  1. Chemical Peeling Ringan Dokter menggunakan chemical peeling dengan konsentrasi ringan pada kondisi kulit yang terdapat kerut, kulit yang kering dan mempunyai bercak kehitaman serta jerawat. Cairan yang digunakan untuk Chemical Peeling Ringan adalah cairan yang mirip dengan AHA (alpha hidroksi acid) seperti asam glikosilat, asam salisilat, asam laktat dan asam buah-buahan (fruit acid). 
  2. Chemical Peeling Sedang Chemical Peeling Sedang biasa digunakan untuk mengurangi keriput dan masalah pigmentasi. Pada Chemical Peeling Sedang, banyak dokter menggunakan TCA (TrichloroAcetic Acid).
  3. Chemical Peeling Dalam Chemical Peeling Dalam digunakan untuk keriput yang sudah menyebar di wajah, flek yang disebabkan oleh penuaan atau paparan sinar matahari dan pertumbuhan pre-kanker. Peeling jenis ini mempunyai prosedur yang lebih dramatis, lebih lama prosesnya (1-2 jam) dan hasilnya juga lebih lama. Zat yang digunakan adalah Phenol Acid. Penggunaan phenol acid ini biasanya digunakan untuk tindakan facial peeling, karena cairan ini dapat menyebabkan kulit menjadi putih secara permanen. 

Efek samping yang sering timbul setelah melakukan chemical peeling antara lain rasa perih dan terbakar, serta kemerahan sementara pada kulit. Hal ini disebabkan karena terkelupasnya lapisan kulit yang paling luar untuk digantikan oleh kulit baru yang lebih segar dan juga larutan chemical peeling yang digunakan.

Mechanical Peeling yakni suatu metode pengelupasan kulit dengan menggunakan alat. Salah satu caranya menggunakan metode mikrodermabrasi (see microdermabration), dimana alat yang digunakan adalah aluminium kristal oksidasi. Proses peeling ini terbilang cepat dan langsung sehingga kulit akan terlihat  kemerahan dan akan mempercepat proses tumbuhnya kulit wajah yang baru. Bila proses peeling telah dilakukan dan pengelupasan kulit terjadi sebaiknya segera lakukan perawatan intensif karena saatnya pembentukan kulit baru. Bila keluar rumah usahakan mengunakan payung meski tidak hujan, gunakan pula sunblock  yang memiliki  kadar SPF 30%  dan jaga agar kulit wajah tidak terkena bedak berlebihan. 

Skin-Wiki